Headlines News :
Home » » PT Liga Sahkan 'Pemain Siluman' SFC

PT Liga Sahkan 'Pemain Siluman' SFC

Written By TrojansDroid on Jumat, 29 Maret 2013 | 17.33


Sriwijaya FC merekrut satu 'pemain siluman', yakni Lee Dong-Won. Terkait status Dong-Won yang sebelumnya dinilai melanggar regulasi, PT Liga Indonesia memberi penjelasan.

Langkah SFC merekrut Dong-Won dan memainkan bek asal Korea Selatan itu pada duel kontra Persepam Madura United, Selasa (26/3), jadi kontroversial. Pasalnya, pemain itu masuk dan main dalam skuad Laskar Wong Kito di luar masa pendaftaran pemain.

Bukan hanya SFC, PT Liga sebagai operator kompetisi sepakbola profesional di Indonesia, termasuk Indonesia Super League (ISL), pun disorot. Sebab, sebelum memainkan Dong-Won di laga itu, SFC sudah menerima pengesahan dari PT LI terkait perekrutan Dong-Won.

Menanggapi kondisi yang bertentangan dengan regulasi ISL 2012/2013, CEO PT LI Joko 'Jodri' Driyono buka suara. Kepada sportiplus, Jodri jelaskan alasan PT LI mengesahkan perekrutan Dong-Won.

"Kami mengesahkan perekrutan Dong-Won karena menerima surat keterangan dari SFC yang menyatakan jika Dong-Won adalah pemain pengganti pemain lain yang cedera. Ada bukti medis yang dikuatkan dengan keterangan dari agennya," jelas Jodri, Kamis (28/3).

Pemain yang dimaksud Jodri adalah Min Kyouung-Bin. Dan, memang, Kyouung-Bin sudah dipecat manajemen SFC pada Februari 2013.

Namun, alasan yang dikemukakan manajemen SFC saat memecat Kyouung-Bin bukan karena bek Korea Selatan itu cedera. Tapi, karena skill Kyouung-Bin tidak sesuai dengan kebutuhan tim SFC di ISL musim ini.

"Awalnya, Kyouung-Bin dibutuhkan karena kami memakai skema 4-2-3-1. Kini, kami lebih sreg dengan skema 4-1-4-1. Berdasarkan evaluasi manajemen dan tim pelatih SFC, kami pun rela melepas Kyouung-Bin," terang pelatih Kas Hartadi pada Februari 2013.

Tapi, Jodri pun tak mau asal ambil keputusan. Sebab, persyaratan yang dibutuhkan PT LI terkait perekrutan Dong-Won sudah dipenuhi manajemen SFC.

"Persyaratannya sudah dilengkapi manajemen SFC. Tanpa itu, kami pasti tidak akan mengesahkan perekrutan pemain baru itu," tegas Jodri.

Jika benar yang dikatakan Jodri, tentu, sikap manajemen SFC patut dipertanyakan. Ya, besar kemungkinan ada manipulasi terkait perekrutan Dong-Won.

Regulasi ISL 2012/2013
Pasal 43
Pendaftaran Pemain
3. Kuota pemain asing yang dapat didaftarkan sebanyak-banyaknya 5 pemain dengan komposisi berkewarganegaraan non-anggota SFC sebanyak-banyaknya 3 pemain.
5. Masa pendaftaran pemain putaran I dimulai 1 pekan setelah musim kompetisi sebelumnya berakhir dan berakhir 2 pekan setelah putaran I musim kompetisi dimulai atau jika ditentukan lain PT Liga Indonesia.
6. Masa pendaftaran pemain di putaran II dimulai 2 pekan sebelum putaran I musim kompetisi berakhir dan berakhir 2 pekan setelah putaran II musim kompetisi dimulai atau jika ditentukan lain PT Liga Indonesia.
7. Terhadap pendaftaran pemain asing, berlaku Transfer Matching System (TMS) period yang ditetapkan FIFA.
11. Pergantian pemain pada daftar pemain di luar masa pendaftaran tidak dapat dilakukan kecuali pemain yang bersangkutan cedera permanen terhitung hingga ISL berakhir dengan melampirkan bukti medis yang diakui PT Liga Indonesia.



Sumber : sportiplus.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Coccos Template | Madura United
Copyright © 2013. Semua Ada Disini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Trojans
Proudly powered by Blogger