Headlines News :
Home » » Mitos Kesehatan Yang Bikin Stres

Mitos Kesehatan Yang Bikin Stres

Written By TrojansDroid on Rabu, 27 Maret 2013 | 20.11



Banyak pikiran bisa membuat kita stres. Karena itu kurangi beban pikiran, termasuk mitos kesehatan di bawah ini yang selalu membuat kamu khawatir. 

Mitos: Minum 8 gelas per hari.

Fakta: Tidak perlu persis harus minum 8 gelas air putih sehari. Kuota ini bisa dipenuhi dari makanan dan minuman yang kita telan dalam satu hari. Misal: dari teh, kopi, susu, buah, sayuran, dan makanan berkuah lainnya. Kalaupun tubuh kekurangan zat cair pasti akan memberikan sinyal seperti rasa haus. 



Mitos: Stres membuat rambut beruban.

Fakta: Kata Nancy L Snyderman, dari NBC News sekaligus penulis Medical Myths That Can Kill You, stres bukan hanya melelahkan secara fisik tapi juga psikis alias pikiran. Namun belum ada bukti ilmiah yang membuktikan stres membuat rambut beruban.



Mitos: Membaca di lampu redup merusak mata.

Fakta: Membaca di lampu redup akan membuat mata tegang, yang berefek timbulnya rasa pusing. Tapi belum pernah terjadi, membuat kerusakan parah pada mata. Mata tegang dalam sembuh dengan istirahat cukup.



Mitos: Kopi tidak baik bagi jantung.

Fakta: Kalau dikonsumsi dalam takaran wajar, tiga cangkir sehari, kopi masih aman. Lagipula menurut ahli nutrisi Stacy Beeson dari Boise St Luke Medical Centre, kopi mengandungphytochemical yang berfungsi sebagai antioksidan. Kopi sama sekali tidak ada kaitannya dengan serangan jantung. 



Mitos: Makanan segar lebih baik daripada yang beku.

Fakta: Masih menurut Stacy Beeson, sayur dan buah beku kalau dipetik pada saat musim panen dengan kematangan yang tepat dan langsung dibekukan, justru menyimpan kandungan nutrisi terbaiknya. Lain halnya, bila sebelum dibekukan disimpan dulu sampai matang. Nutrisi buah akan hilang oleh panas, udara, dan air. 



Mitos: Telur meningkatkan kolesterol.

Fakta: Telur mengandung 213 mg kolesterol, vitamin A, dan vitamin D. Masih aman dikonsumsi karena batas aman kolesterol yang dianjurkan lembaga kesehatan dunia adalah 300mg per hari. 



Mitos: Cuaca dingin membuat flu.

Fakta: Udara dingin tidak merusak imunitas, kecuali udara dingin yang sangat ekstrim yang membuat tubuh hypothermia. Flu bukan disebabkan udara dingin meiankan virus. Jadi kalau orang kedinginan saat musim dingin, bukan karena temperatur melainkan karena terkena virus yang tersebar oleh udara. 



Mitos: Your lipstick make you sick.

Fakta: Bahan kimia ada dimana-mana dan dipakai dalam berbagai bentuk barang kebutuhan manusia. Yang harus dipastikan adalah kadarnya masih di ambang batas aman bagi manusia. Menurut Michael Thun MD, peneliti dari American Cancer Society, kandungan kimia pada lipstik amat sangat kecil.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Coccos Template | Madura United
Copyright © 2013. Semua Ada Disini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Trojans
Proudly powered by Blogger